Komunikasi Massa

1.      Komunikasi massa adalah Komunikasi melalui media massa (media cetak dan elektronik), sehingga proses penyampaian pesan antara komunikator dengan komunikannya melalui media massa, baik berbentuk media elektronik (radio, televisi dan internet) ,media cetak (surat kabar, majalah, tabloid), buku, dan film.
2.      Elemen-elemen komunikasi massa:
a.       Komunikator.
Komunikator dalam komunikasi massa meliputi jaringan, stasiun local, direktur, dan staf teknis yang berkaitan dengan sebuah acara televise. Jadi, komunikator merupakan gabungan dari berbagai individu dalam sebuah lembaga media massa. Maka komunikator dalam komunikasi massa bukan individu tetapi kumpulan orang yang bekerja sama satu sama lainnya.
b.      Isi
Isi media massa dibagi dalam lima kategori yakni,
1)      berita dan informasi
2)      Analisis dan interpretasi
3)      Pendidikan dan sosialisasi
4)      Hubungan masyarakat dan persuasi
5)      Iklan dan bentuk penjualan lainnya
6)      Hiburan
c.       Audience
Audience yang dimaksud komunikasi massa sangat beragam, dari jutaan penonton televise, ribuan pembaca buku, majalah, Koran atau jurnal ilmiah. Akan tetapi masing-masing individu bisa saling mereaksi pesan yang diterimanya.
d.      Umpan balik
Umpan balik dalam komunikasi ada dua, yaitu umpan balik langsung dan umpan balik tidak langsung. Dalam komunikasi massa umpan balik biasanya tidak langsung, misalnya bisa ditunjukkan dalam surat pembaca atau pembaca menulis.
e.       Gangguan
Gangguan ada dua macam, yaitu:
1)      Gangguan saluran
Gangguan saluran seperti kesalahan cetak ataupun kata yang hilang dan lain sebagainya.
2)      Gangguan semantic
Sedangkan gangguan semantic yaitu, seperti kendala bahasa, perbedaan pendidikan, status social ekonomi, tempat tiggal dan lain sebagainya.
f.       Gate keeper
Yakni beberapa individu atau kelompok yang bertugas menyampaikan atau mengirimkan informasi dari individu ke individu lain melalui media massa.
g.      Pengatur
Yang dimaksud pengatur dalam komunikasi massa adalah mereka yang secara tidak langsung ikut mempengaruhi proses alira pesan media massa. Pengatur antara lain pengadilan, pemerintah, konsumen, organisasiprofesional dan kelompok penekan.
h.      Filter
·         Kerangka fikir melalui mana audience menerima pesan.
·         Filter ibarat sebuah bingkai kacamata dimana audience bisa melihat dunia
·         Dunia riil yang diterima dalam memori sangat tergantung dari bingkai filter itu
Bentuk-bentuk filter:
·         Fisik: Semua yang bisa diindera oleh seseorang, kondisi ruangan, apa yang melekat pada seseorang
·         Psikologis: Kondisi psikis seseorang à pengalaman hidup, beban mental
·         Budaya:  warisan budaya, pendidikan, pengalaman kerja, sejarah politik

3.      Teori reflektif/mimetis, teori refleksi merupakan yang mengatakan bahwa hasil refleksi tidak selalu sama dengan realitas aslinya. Bahasa hanya menggambarkan tentang dunia dan sebagai metode untuk menjelaskan apa yang sudah ada. Menurut teori ini semua manusia melihat dunia dengan cara yang sama dan bahasa hanyalah sebuah kendaraan untuk mengungkap konsep-konsep yang ada di dunia ini secara independent.
Saya sepakat dengan teori ini karena bahasa sangat mempengaruhi dalam sebuah pemberitaan pada media cetak, dengan pengalaman seseorang  yangs sebelunya akan dapat menjelaskan sesuatu yang sudah ada saat ini.

4.      Hubungan Teori representasi dengan realitas dan gambar memiliki dua dimensi, dimensi pertama “This is not just image” merupakan suatu gambar yang mempunyai makna tersendiri dalam tampilannya sehingga setiap individu dapat memberikan tafsiran yang berbea-beda. Hal ini disebabkan karena perbedaan pengetahuan setiap individu.

Dimensi kedua “This is just an image” tampilan gambar yang ditayangkan pada televise atau film tidak ada makna khusus bahkan hanya bersifat hiburan saja.

Comments

Popular posts from this blog

Masalah Komunikasi dalam Lobi dan Strategi menghadapi orang yang sulit menciptakan kerjasama.

PR Dan Media Massa

REVIEW BUKU FILSAFAT ILMU KOMUNIKASI SUATU PENGANTAR Dani Vardiansyah